Kamis, 16 April 2020

Rudy : kisah masa muda sang visioner


Kalau ada buku yg ingin saya baca sekali lagi, mungkin buku ini salah satu pilihannya. Almarhum pak habibie memang salah satu sosok yg saya kagumi. Tapi saya baru tahu cerita lengkap masa muda nya ya dari buku ini. Buku yg berbentuk novel dan ditulis oleh Ginatri S. Noer ini, menceritakan tentang masa muda pak habibie yg biasa dipanggil Rudy. Kecerdasan dan keingintahuannya yg tinggi memang sudah terlihat sedari kecil. Anak keempat dari enam bersaudara ini memang istimewa. Dia hanya bisa tidur dimalam hari selama empat jam, apalagi jika dia belum mendapatkan jawaban atas rasa keingintahuannya terhadap suatu hal, maka dia akan menunggu ayahnya pulang kerja bahkan sampai larut malam. Dan secapek apapun, ayahnya selalu menanggapi pertanyaan rudy dengan jawaban yang serius tapi memakai bahasa yg sederhana. Sungguh hal yg patut ditiru oleh kita sebagai orangtua. Untuk memfasilitasi rasa keingintahuan rudy yg tinggi, maka ayahnya sering membelikan buku untuknya. Sehingga dia betah berlama2 membaca buku di kamarnya. 
Saat ayahnya meninggal merupakan peristiwa yang membuat terharu bagi yg membacanya. Sehingga sepeninggal ayahnya, ibunya harus berjuang keras demi meneruskan amanat sang ayah, yaitu memberikan pendidikan yg terbaik bagi anak2nya. Masa2 ketika rudy kuliah di jerman merupakan saat yg terberat baginya. Tapi karena kegigihan, kecerdasan dan kerja kerasnya, dia berhasil menyelesaikan pendidikannya dengan sangat memuaskan.
Banyak hal yg menarik dari buku ini yg tidak bisa saya ceritakan semuanya. Buku setebal 291 halaman ini tidak membosankan untuk dibaca. Btw tmn2 ada yg udah baca buku ini? 

2 komentar:

  1. kalo saya baca buku tentang Habiebie muda itu duluu banget waktu masih sma, tapi bukunya beda bukan yang ini. Ada kisah balerinna juga tapinya ya hehehe

    BalasHapus
  2. Waahh...udh lama banget ya..
    Itu kisah balerina keinget aja ya, wkwkwk
    Masih inget gak judul bukunya? Jd pgn baca juga

    BalasHapus

Ramadhan yang berbeda

Hari ini bertepatan dengan hari ketiga bulan ramadhan di tahun ini. Dan ramadhan kali ini sangatlah berbeda. Di beberapa wilayah...